Sebagai upaya pemenuhan kepuasan pasien
Di antara rutinitas kesibukan merawat pasien, perawat RSI Sultan Agung juga miliki kreativitas yang patut diapresiasi dalam upaya pemenuhan kepuasan pelayanan pasien. Setidaknya itu terlihat dalam festival KAIZEN di hall direksi RSI Sultan Agung belum lama ini.
Sebagaimana diketahui “KAIZEN” dalam bahasa Jepang berarti “perbaikan berkesinambungan”. “Festival yang diprakarsai manajemen ini sebagai sarana merangsang inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasien dengan efisien dan efektif” ujar Direktur Utama RSI Sultan Agung dr. H . Masyhudi AM, M.Kes yang sekaligus sebagai ketua dewan juri dalam ceremony pembukaan.
Salah satu pemenang festival KAIZEN, perawat ruang Firdaus yang meraih “gunung emas”-sebagai simbol pemenang-berinovasi agar pasien cepat masuk ruangan deng
an meminimalkan keluhan. Munculnya inovasi itu di latarbelakangi banyaknya komplain dari pasien saat transfer dari poliklinik karena harus diambil darah di laboratorium.
Pangkas waktu dan biaya
“Dari sinilah, kita berinovasi memangkas waktu dengan cara langsung di transfer ke ruangan dan pengambilan sampel darah bersamaan dengan pemasangan infus di ruang rawat inap” kata Indah, kepala ruangan Firdaus.
Indah melanjutkan, inovasi ini meminimalkan komplain pasien dan tentunya lebih nyaman karena pengambilan dilakukan bersamaan dengan tindakan pemasangan infus.
Masih menurut Indah, selain menambah kenyamanan, terobosan ini mampu menekan Biaya Habis Pakai (BHP).
“Tentu lebih hemat karena pengambilan darah dilakukan bersamaan dengan pemasangan infus tidak membutuhkan BHP double ” pungkas Indah.