Home Konsultasi

Konsultasi

Isi PertanyaanIsi Pertanyaan:

Irfan     14 August 2014 08:49 | Jakarta
Aslmkm Wr. Wb.

Selamat Pagi Dokter. Sebelumnya saya menderita mata minus yaitu mata kanan minus 4,25 silinder 0,5 serta mata kiri minus 4. Namun setelah melakukan pengecekan 2 kali di optik yang berbeda, hasilnya sama-sama menunjukkan terjadi perubahan yaitu minus mata kanan saya menjadi 4 dan silindernya hilang. Jadi saat ini mata kanan dan kiri sama-sama minus 4. Kemudian saya mengganti kacamata saya dengan ukuran baru tersebut. Namun setelah saya mengganti kacamata tersebut, terasa kurang nyaman. Saya mencoba tes sendiri dengan menutup sebelah mata. Pada saat menutup mata kanan, mata kiri masih melihat dengan jelas. Namun ketika melihat hanya dengan mata kanan (mata yang berubah minus dan silindernya), justru terasa kurang jelas. Bagaimana solusinya ya dok? Apakah terdapat kesalahan pada saat pengujian, atau ada hal lain (misal terjadi karena tahap adaptasi)? Sebagai informasi saya menggunakan kacamata yang lama sudah 3tahun dan saya berumur 26tahun. Kemudian Kacamata yang baru ini baru sehari saya buat dan saya gunakan.

Terima kasih banyak atas informasinya dok.

Wslmkm Wr. Wb.
Jawaban: Jawaban :
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang kami hormati, mas Irfan terimakasih atas perhatian dan kepercayaannya kepada kami dalam hal kesehatan.Mas Irfan, pada pemeriksaan penglihatan di beberapa tempat (baik di RS atau optik) bisa jadi menggunakan alat yang berbeda-beda sehingga standart atau hasil pemeriksaan juga bisa berbeda. Pencahayaan atau kontras saat pemeriksaan bisa juga berpengaruh. Selain itu kerja sama antara pasien dengan pemeriksa juga di perlukan untuk mendapatkan hal yang tepat. Kadang-kadang memang di perlukan lebih dari satu kali pemeriksaan penglihatan pada pasien pada satu tempat. Kalau berpindah-pindah hasil bisa berbeda-beda dengan alasan seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Saran kami kalau kaca mata yang lama masih nyaman di pakai maka tetap dipakai saja dulu mengingat kemungkinan silinder Anda belum hilang atau menetap.
Demikian informasi yang kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi mas Irfan.
Wassalamu'alaikum Warah,atullahi Wabarakatuh.

novy sheila rosyanti     13 August 2014 12:29 | jl.sapta prasetya utara 6 no 115 pedurungan kidul,
Mata saya mines terakhir di cek 2,75 kanan kiri apakah solusi untuk saya?
Tahun depan saya berencana mendaftarkan polisi polwan. Saya mohon dibalas karena saya membutuhkan informasi untuk mata saya. Terimakasih
Jawaban: Jawaban :
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang kami hormati, mbak Novy terimakasih atas perhatian dan kepercayaannya kepada kami dalam hal kesehatan. Mungkin yang anda maksudkan adalah melepas kacamata sebagai syarat masuk Polwan. Jika demikian, maka yang tepat adalah dengan metode LASIK. Apa itu LASIK ? Sebuah prosedur atau tindakan dengan tujuan memperbaiki kelainan refraksi pada mata sehingga setelah dilakukan tindakan ini, penderita kelainan refraksi dapat terbebas dari kacamata atau lensa kontak. Sejak pertama kali dikembangkan pada tahun 1990, teknologi lasik terus berkembang pesat. Teknologi terkini pada tindakan Lasik adalah Wavefront Guided LASIK atau Refraktive Surgery yaitu gabungan antara ketepatan pengukuran dan kelainan refraksi mata yang memperhitungkan berbagai faktor, selanjutnya digunakan untuk menetapkan parameter-parameter pada prosedur atau tindakan LASIK. Semua pekerjaan ini dikerjakan oleh sistem yang khusus, sehingga kesalahan-kesalahan pengukuran pada metode konvensional dapat dihindarkan.
Meski demikian mbak Novy, ada beberapa persyaratan sebelum tindakan LASIK. Yakni berumur 18 tahun, tidak sedang hamil atau menyusui, tidak mempunyai riwayat auto imun, mempunyai ukuran kacamata yang stabil, gangguan penglihatan anda dapat dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak, kelainan refraksi anda berkisar kurang lebih 4.99 sd 14 Dioptri, apabila anda menggunakan lensa kontak, minimal anda telah melepas lensa kontak 14 hari berturut-turut untuk soft contact lensa dan selama 30 hari untuk hard contact lens. Demikian informasi yang kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Mbak Novy.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

imam santoso     12 August 2014 19:39 | kaliwungu kendal
Assalamu'alaikum
Mohon informasi. Biaya operasi katarak untuk ibu saya.usia 79 tahun. Janda veteran. Punya askes. BPJS kesehatan sedang dalam proses.
Trimakasih
Wassalamualaikum.
Jawaban: Jawaban :
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang kami hormati, Bapak Imam, terimakasih atas kepercayaan dan perhatiannya dalam pelayanan kesehatan di RSI Sultan Agung. Bapak Imam, untuk biaya operasi katarak (dengan tindakan fakoemulsifikasi) di RSI Sultan Agung berkisar antara antara Rp Rp 3.830 juta. Untuk dua mata Rp 7.170 juta. Adapun biaya operasi tersebut belum tindakan lensa tanam yang harganya relatif.
Demikian Bapak Imam, semoga informasi ini bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

fitri     11 August 2014 11:59 | semarang
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it fitriyuniani86@gmail.com
assalamualaikum wr. wb.
saya mau minta rekomendasi dokter spealis mata terbaik di rumah sakit sultan agung,, serta jadwal prakteknya.
terimakasih..
Jawaban: Jawaban :
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaraaktuh
Yang kami hormati, Mbak Fitri, adapun untuk jadwal dokter spesialis mata dr. Harka Prasetya, Sp.M
dr. Sita Pritasari, SpM
dr. Christina Indra Jati, SpM
masing-masing dokter praktek setiap hari Senin sd Sabtu mulai pukul 08.00 sd 12.00 WIB.
untuk yang sore ada dr. Nika Bellarinatasari, SpM setiap hari Senin sd Jum'at mulai pukul 16.00 sd 18.00 WIB dan dr. Iriastri Anggraeni, Sp.M setiap hari Senin sd Jum'at mulai pukul 16.00 sd 20.00 WIB.
Demikian mbak Fitri, semoga informasi ini bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

kiren     10 August 2014 09:44 | kendal
saya bermaksud melakukan Lasik. akan tetapi terbentur masalah biaya yang cukup besar. apakah ada solusi untuk masalah ini ?
mungkin dengan cicilan ato dengan BPJS Kesehatan.
mohon infonya. Terima kasih
Jawaban: Jawaban :
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaraaktuh
Yang kami hormati, mbak Kiren terimakasih atas perhatian dan kepercayaannya kepada kami dalam hal kesehatan.Untuk sementara ini BPJS belum dapat menjaminkan lasik (karena masih bersifat estetika). BPJS hanya menjamin alat bantu lihat (kacamata). Dan belum ada asuransi yang bisa menjamin lasik.
Demikian info yang kami sampaikan semoga bermanfaat bagi mbak Kiren. Waasalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaraakatuh


1237
Pertanyaan dalam Konsultasi
« StartPrev12345678910NextEnd »