Home IGD
INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) PDF Print

Sebuah rumah sakit tidak lengkap jika tidak mempunyai sebuah unit yang bisa memberikan pelayanan bagi pasien yang mengalami keadaan emergency atau gawat darurat. Oleh karena itu untuk menjawab tantangan tersebut, RSI Sultan Agung memberikan fasilitas layanan Unit Gawat Darurat (UGD) yang didukung oleh dokter dan perawat yang siap siaga selama 24 jam.

RSI Sultan Agung yang terletak di kawasan industri Terboyo Semarang dan kawasan pantai utara (Pantura) Jawa Tengah sudah selayaknya memberikan fasilitas UGD bagi para pengguna jalan yang mengalami kecelakaan atau juga bagi para karyawan perusahaan yang mengalami kecelakaan kerja. Sehingga dengan letak yang strategis dengan jalan besar dan kawasan industri, RSI Sultan Agung siap memberikan kemudahan pertolongan pertama bagi para pengguna jalan yang mengalami kecelakaan atau juga para pekerja yang mengalami kecelakaan industri.

Dengan ditunjang dengan berbagai sarana dan prasarana bagi program Trauma Centre (TC) bagi pasien yang mengalami kecelakaan kerja, RSI Sultan Agung siap memberikan pelayanan ambulance TC bantuan dari Jamsostek. Ambulance ini nantinya akan melayani penjemputan pasien yang mengalami kecelakaan kerja. Dengan bermodalkan motto CAKEP yaitu Cepat,Akurat,Komunikatif dan Edukatif. Layanan UGD di RSI Sultan Agung Semarang bertekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, keprofesionalan tenaga medis di UGD RSI Sultan Agung ditunjukkan dengan telah sesuai dengan standart yang telah ditentukan oleh Departemen Kesehatan RI, seperti PPGD ( Penanggulangan Pasien Gawat Darurat), BTCLS ( Basic Trauma And Cardiac Life Support ), ACLS (Anvanced Cardiac Life Support ), ATLS ( Advanced Trauma Life Support) serta pelatihan lain yang sangat diperlukan untuk menangani kasus- kasus Gawat Darurat.

Dengan berbekal visi " Terkemuka dalam memberikan pelayanan kegawatdaruratan, pendidikan untuk membangun generasi khaira ummah dan penelitian, menuju masyarakat yang dirahmati Allah SWT" UGD RSI Sultan Agung siap memberikan yang terbaik bagi setiap pasien yang datang. Pengembangan dari visi tersebut adalah misi RSI Sultan Agung Semarang dimana dalam hal ini RSI Sultan Agung Semarang siap memberikan :

  1. Memberikan pelayanan kegawatdaruratan sesuai dengan nilai-nilai Islam.
  2. Mengembangkan sarana pendidikan kegawatdaruratan FK Unissula dan lembaga pendidikan lain milik YBWSA untuk membangun generasi khaira Ummah.
  3. Mengembangkan penelitian Ilmu kedokteran dan kesehatan lain.

Hal itu ditunjukkan dengan pelayanan bagi setiap pasien yang datang di UGD.

  • Pasien gawat darurat akan dilayani dokter jaga dan perawat yang dibekali pengetahuan dan ketrampilan untuk mengatasi kegawat daruratan dengan peralatan yang memadai.
  • Petugas On Site baik dokter jaga dan perawat
  • Ditunjang fasilitas laboratorium rontgent dan CT Scan
  • Pelayanan observasi bagi pasien yang keberatan dirawat kurang dan atau perlu pengawasan kurang dari 6 jam
  • Kasus bencana massal/Disaster.


Dokter jaga di UGD yang siap selama 24 jam Tindakan yang dilakukan pada saat pasien dalam keadaan emergency
 
Hotline UGD RSI Sultan Agung Semarang (024) 659 3452.
Motto UGD RSI Sultan Agung Semarang "CAKEP"
 
CCepat dalam melayani semua pasien gawat darurat tanpa membedakan status pasien
A
Akurat, Akurat dalam memberikan tindakan dan terapi sesuai Standart Operasional Baku Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang
K
Komunikatif, Dapat menghargai pendapat atau saran dari semua pihak, baik mitra kerja, pasien maupun masyarakat dalam hal pelayanan IGD RSI Sultan Agung Semarang
E

Edukatif, Memberikan bimbingan penanganan gawat darurat prarumah sakit pada masyarakat dan mahasiswa Unissula

Pelatihan dan penyegaran tentang pengetahuan dan ketrampilan penanganan gawat darurat untuk petugas IGD

P
Profesional, Menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan sesuai dengan prosedur baku baik sekarang maupun yang akan datang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan
 
Di penghujung tahun 2009 ini, Unit Gawat Darurat RSI SA berpindah tempat ke gedung baru Teaching Hospital. Di tempat yang respresentatif ini, RSI SA menempati lantai bawah. Tidak hanya bangunannya yang megah, melainkan juga dilengkap dengan berbagai sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan tindakan kepada pasien. Berikut beberapa foto ruangan UGD yang baru di Teaching Hospital :