Home Kerjasama Asuransi ABDA (ASURANSI BINA DANA ARTA)
ABDA (ASURANSI BINA DANA ARTA) PDF Print
Wednesday, 24 June 2009 14:58

Penggunaan fasilitas provider ABDA untuk Rawat Inap dan melahirkan

  1. Peserta datang ke RSI Sultan Agung Semarang dengan menunjukkan kartu peserta dan kartu identitas
  2. Petugas RSI Sultan Agung Semarang akan melakukan verifikasi terhadap kartu pemegang ABDA
  3. ABDA akan mengeluarkan surat persetujuan atau penolakan rawat inap
  4. RSI Sultan Agung Semarang akan mengirimkan perincian biaya perawatan ke ABDA
  5. ABDA akan memerivikasi biaya-biaya yang terjadi selama kurang lebih 30 menit. Peserta diharapkan menandatangani surat rincian tagihan dari RSI Sultan Agung Semarang dan menandatangani surat jaminan dari ABDA. Jika ada biaya yang tidak ditanggung oleh ABDA, atau terdapat selisih biaya yang harus dibayar, maka peserta harus melunasi di rumah sakit atas biaya-biaya yang tidak dijamin.
  6. Peserta dapat pulang apabila selesai dalam masalah jaminan perawatan.

Penggunaan fasilitas provider ABDA untuk rawat jalan

  1. Secara prinsip tidak ada yang berbeda dengan persyaratan rawat inap.
  2. Peserta datang ke RSI Sultan Agung Semarang
  3. Menunjukkan kartu peserta ABDA ke petugas asuransi
  4. Petugas asuransi akan menggesek kartu ABDA ke terminal Admedika
  5. Peserta mendapatkan pelayanan kesehatan
  6. Setelah menjalani pelayanan kesehatan, pemegang kartu ABDA kembali ke bagian asuransi. Di sini, petugas asuransi akan mengklaim biaya perawatan kesehatan dengan mengirimkan biaya tagihan ke pihak asuransi ABDA. Jika terdapat biaya yang tidak ditanggung oleh asuransi ABDA, maka pihak pemegang kartu ABDA berkewajiban melunasi jumlah tagihan biaya yang tidak ditanggung kepada pihak RSI SA.
  7. Peserta dapat pulang.
Pengecualian yang tidak ditanggung oleh ABDA
1
Cedera atau penyakit karena perang, huru hara, tindakan kriminal atau melanggar hukum, usaha bunuh diri, tindakan teroris
2
Produk yang tidak berkaitan dengan medis, seperti sabun, minyak kayu putih, balsem, pasta gigi dll
3
Alat pacu jantung, ring, sten, prothesa
4 Penyakit yang disebabkan karenapenyakit menular seperti AIDS,penyalahgunaan narkotika,disfungsi seksual,penyakit jiwa,psikomatis,gangguan radioaktif, Hernia pada peserta berusia sampai dengan usia 12 tahun
5
Perawatan yang berhubungan dengan kesuburan,infertilitas,kontrasepsi, gangguan menstruasi
6
Check up kesehatan,terpai fisik
7
Perawatan yang bersifat eksperimental yang belu diakui di bidang kedokteran, jamu, akupuntur oleh shinse,akupresur,Hydroterapi
8
Cedera yang timbul sebagai akibat dari keikutsertaan dalam aktifitas berbahaya, antara lain : panjat tebing, mendaki gunung, terjun payung dan tindakan berbahaya lainnya karena keikutsertaanya
9
Perawatan yang berhubungan dengan estetika seperti operasi plastik, kosmetika
10
Rawat jalan untuk rawat gigi, kacamata dan konsultasi dokter dan persalinan (kecuali menganbil manfaat dari perawatan tersebut)

Beberapa petunjuk lainnya mengenai asuransi ABDA

  1. Hindarilah kelas perawatan yang melebihi hak peserta. Sesuaikan dengan hak anda pada surat jaminan
  2. Perbedaan kelas perawatan akan menyebabkan perbedaan biaya perawatan yang biasanya meliputi biaya obat, dokter dan operasi
  3. Pilihlah rumah sakit atau provider yang sesuai dengan manfaat yang dijamin oleh ABDA untuk menghindari selisih klaim dari ABDA.
  4. Peserta diharapkan membaca pengecualian dan daftar manfaat ABDA Insurance di dalam polis.
  5. Mintalah informasi kepada petugas asuransi di setiap provider rumah sakit yang dijadikan rujukan. Bila diperlukan, peserta ABDA Insurance dapat menghubungi HELP LINE 24 jam ABDA.