Home Artikel Kesehatan GEJALA DAN TANDA TBC
GEJALA DAN TANDA TBC PDF Print
Tuesday, 24 March 2009 14:55

CARA KUMAN TBC MEMASUKI TUBUH

Ditularkan melalui udara. Para penderita TBC seringkali batuk. Dari batuk inilah, kuman TBC terhirup sampai paru-paru oleh anak-anak yang sehat. Sehingga kuman TBC ini akan masuk melalui paru-paru. Paru-paru inilah yang merupakan tempat yang lazim bagi infeksi TBC

TBC juga dapat ditularkan melalui susu. Cara penyebarannya melalui susu yang tidak steril (biasanya hanya dipanaskan sampai 60 derajat celcius). Susu ini kemudian dikonsumsi oleh orang yang sehat. Dalam hal ini usus merupakan tempat yang pertama. Kuman TBC ini melalui sapi yang menderita TBC.

Awasi juga, kuman TBC juga bisa masuk melalui kulit terbuka. Kuman TBC yang masuk akan masuk menjadi sel infeksi,pada perjalanan selanjutnya, kuman akan tidur. Pada fase inilah yang sangat berbahaya, karena saat tubuh lemah, kuman akan menginfeksi kekebalan tubuh manusia.

TANDA-TANDA DAN GEJALA INFEKSI TBC

Pada umumnya, penderita TBC tidak mengalami gejala apapun. Dalam artian tidak mengalami kelihatan sama sekali. Sekalipun ada maka gejalanya adalah batuk dan demam ringan sekali. Demam dan batuk itu pun hanya berlangsung sebentar.

Menurut beberapa literatur, tanda pertama yang dialami oleh pasien TBC adalah pasien tersebut yang biasanya lincah maka akan terlihat lesu dan tidak bergairah. Gejalan lanjutan dari penderita TBCbiasanya berat badanmenurun drastis dan tentu saja nafsu makan menurun. Parahnya, jika menyerang paru-par, maka paru-paru tersebut akan berlubang dan pasien akan membatukkan darah.

Batuk yang dialami oleh penderita TBC memang pada awalnya hanya batuk ringan, meski demikian jika pasien tidak memeriksakan dirinya ke dokter, maka batuk tersebut bisa berlanjut sangat berat. Biasanya batuk ini juga diikuti dengan selesma.

Penyakit ini ternyata sangat erat kaitannya dengan keadaan gizi seseorang. Daya tahan tubuh penderita sangat menentukan keadaan penderita sesudah serangan pertama. Biasanya pasien yang memiliki kecukupan gizi yang baik, daya tahan tubuh yang lebih kuat. Karena itulah biasanya pasien yang memiliki kecukupan gizi yang baik, akan dapat sembuh dengan sendirinyawalaupun tidak diobati.

Senaliknya, jika pasien kekurangan gizi, maka kuman TBC akan menyebar sangat cepat ke beberapa bagian tubuh, seperti ginjal,hati da tulang. 

 

 

 

 

 

Komentar 

 
+7 #1 2009-09-06 06:50
:huh: bingung.......
besok periksa deh...
takut tbc...
batuk ga henti henti...tp ga berdarah sih..keringatan...kalo mlm.
 
 
+2 #2 2009-09-17 18:28
Quoting cand:
:huh: bingung.......
besok periksa deh...
takut tbc...
batuk ga henti henti...tp ga berdarah sih..keringatan...kalo mlm.


gue juga bos. selama gue ngeroko, akhir" ini gue jadi sering batuk". udah hampir 1 bulan batuk gua ga sembuh. padahal udah pake obat segala macem. kalo malem juga sering keringetan. kira" solusinya gimana ya ?
 
 
+2 #3 2009-09-30 21:30
cpt periksa cp th kena, mslhnya dulu aq prnh kn tp alhmdulillah dh sembuh & butuh pengobatan yg lumayan lama, tanda awal emng spt itu..
 
 
-1 #4 2009-10-23 12:00
bukan aku yg sakit tp nenek ku,aku takut tertular,tp aku tdak mau menjauh dari nenek disaat terahir.bagaimana solusinya.......?
 
 
+1 #5 2009-10-23 12:52
kalau batuk dan riak merah itu tbc bukaqnya?
 
 
+2 #6 2009-11-08 15:30
q btuk n da riak darah tpi kondisi badan q tidk apapa.... n yg q rasain itu rasa gatal di tenggorokanku yg buat q batuk trs... n da drhna mgkn dikit n gx tentu...
tbc bkn ya?....
 
 
-2 #7 2009-11-08 15:31
aku mhon blz ya.... ;-)
 
 
+3 #8 Humas Media RSI SA 2009-11-13 14:29
buat semuanya, memang batuk berdarah salah satu gejala, namun untuk lebih amannya saja, anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter terdekat.
Karena kita tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut jika tidak berdasarkan data pasien selengkapnya. Keluhan yang disampaikan dan sebagainya
 
 
-2 #9 2009-11-16 19:07

apa paru-pari basah itu juga disebut tbc?
 
 
+3 #10 Humas Media RSI SA 2009-11-17 14:06
Kita belum tahu kondisi sebenarnya, kecuali anda memeriksakan diri ke dokter setempat.