Home ICU
INSENTIVE CARE UNIT (ICU) PDF Print
Pengertian ICU (Intensive Care Unit).

Sebagai sebuah layanan kesehatan paripurna, di instansi Rumah Sakit juga dilengkapi dengan ruangan yang diperuntukkan bagi pasien dengan kondisi kritis.  Secara umum, ruang ICU adalah ruang rawat di Rumah Sakit yang dilengkapi dengan staf dan peralatan khusus untuk merawat dan mengobati pasien yang terancam jiwa oleh kegagalan / disfungsi satu organ atau ganda akibat penyakit, bencana atau komplikasi yang masih ada harapan hidupnya (reversible).

(Http://www.trinoval.web.id/2009/05/konsep-dasar-icu.html).

Ruang ICU RSI Sultan Agung Semarang.

PhotobucketDemikian halnya di RSI Sultan Agung Semarang (RSI SA). RSI SA juga memiliki ruang khusus yang memang diperuntukkan bagi pasien dengan kondisi kritis. Sehingga dengan demikian,pasien dengan kondisi kritis bisa mendapatkan asuhan keperawatan yang aman dan nyaman.  Ruang ICU di RSI SA juga didukung dengan peralatan memadai dan tenaga medis yang berpengalaman.

Sampai saat ini, ruang ICU di RSI SA mempunyai beberapa ruang yang diperuntukkan untuk pasien tertentu, misalnya NICU yang diperuntukkan bagi bayi, PICU yang diperuntukkan untuk anak.

Dapat dikatakan, tenaga medis di ruang ICU siap untuk melayani pasien yang mengalami kondisi darurat.

Sarana dan Prasarana di ICU RSI SA

PICU : Pediatiric Intensive Care Unit
Ruang ICU yang diperuntukkan untuk merawat dengan anak dengan sakit berat dan kronis yang mengancam jiwanya. Di ruang ini, anak-anak akan ditangani dengan tenaga terlatih dan perlatan khusus.

NICU : Neonatus Intensive Care Unit
NICU adalah ruang di dalam ICU yang diperuntukkan bagi     bayi yang terancam jiwanya karena kondisi kritis dan         penyakit berat. 

ICU RSI SA memiliki berbagai fasilitas dan kemudahan antara lain :

Agar dokter dan perawat di RSI SA mudah dalam hal pengawasan dan pemantauan pasien, maka di ICU RSI SA dilengkapi dengan berbagai  berabagi fasilitas yangn bisa membantu kerja perawat dalam hal pemantauan dan pengawasan pasien. Fasilitas itu antara lain.

  • CCTV
  • Monitor pengawasan selama 24 jam
  • Sterilisasi cuci tangan bagi penunggu pasien
Kualifikasi tenaga medis di RSI SA

PhotobucketUntuk kualifikasi dokter dan perawat di ICU RSI SA, telah dibekali kompentensi untuk penanganan kasus kritis. Di RSI SA sendiri, para tenaga medis telah menempuh beberapa jenjang kursus dan pendidikan seperti :

  1. Para dokter di ICU memiliki pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman dalam                                  bidang Reanimasi (Resusitasi, Intensive Care dan Critical Care).
  2. Perawat di RSI SA telah mengikuti beberapa pelatihan seperti,  PICU/NICU, BTCLS dan pelatihan interprestasi ECG.
  3. In House Training dengan intensivist tiap satu bulan untuk pemantauan hemodianik, ventilator, interprestasi BGA, interprestasi ECG dan nutrisi enteral.
  4. Program K3 Safety tenaga pelayanan kesehatan.
Dokter di Ruang ICU RSI SA

Di ruang ICU RSI SA ada dua orang dokter yang selalu siap stand by dalam pengawasan pasien.

Dokter Anestesi

Dr Wignyo Santosa, Sp.An.

Jam Kunjung pasien di ICU RSI SA

10.00 - 11.00 WIB

17.00 - 18.00 WIB