Home
RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Al Quran adalah kita PDF Print
Monday, 21 July 2014 11:55

Image and video hosting by TinyPic

Alkisah, seorang ahli bedah kenamaan Prancis ditawari untuk menjadi pemimpin ahli bedah sekaligus penanggung jawab utama dalam penelitian sebuah mumi. Subhanallah, Ia menemukan sebuah fakta mengejutkan. Kepala klinik bedah di Universitas Paris mendapati sisa garam yang melekat pada tubuh sang mumi. Hal itu membuktikan jenazah tersebut tenggelam di lautan dan dikeluarkan lantas diawetkan.  Namun, Prof Dr Maurice Bucaille, nama sang profesor tadi lantas bertanya, bagaimana jasad tersebut bisa terjaga dan lebih baik dari jasad-jasad yang lain (tengkorak bala tentara Firaun), padahal telah dikeluarkan dari laut?

Belum sampai pertanyaan itu dijawab, rekannya membisikkan sesuatu di telinga Bucaille seraya berkata: “Jangan tergesa-gesa karena sesungguhnya kaum Muslimin telah berbicara tentang tenggelamnya mumi ini” rekannya sembari menyitir Q.S Yunus ,92. "Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami"

Saat itu Dia mulai mengagumi Al Quran karena bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi ? Jika mumi tersebut baru ditemukan sekitar tahun 1898 M, sementara Alquran telah ada ribuan tahun sebelumnya.Seketika itu, Prof DR Maurice Bucaille masuk Islam.

 
Jelang soft launching, RSI SA santuni guru TPA/TPQ PDF Print
Monday, 21 July 2014 11:18

Image and video hosting by TinyPic

Menjelang soft launching gedung baru multi centre excellences (MCE) yang akan diadakan Agustus nanti, RSI Sultan Agung memberikan santunan dan tali asih bagi para guru Taman Pendidikan Al Quran (TPA/TPQ) dan Madrasah Diniyah di kota Semarang.

Pemberian tali asih itu dikemas dalam peringatan Nuzulul Quran , Sabtu (19/7) di lantai 1 MCE.

Direktur Utama RSI Sultan Agung, dr H. Masyhudi AM M.Kes mengatakan, pemberian tali asih merupakan salah satu bentuk penghargaan bagi para guru yang selama ini agak terpinggirkan, akan tetapi jasanya bagi pembentukan karakter umat sangat luar biasa. Dr Masyhudi berharap, pemberian ini bisa memotivasi para guru TPA/TPQ untuk tetap berkarya dan mengabdi demi kemajuan umat Islam.

 
Anemia juga menyerang anak (1) PDF Print
Saturday, 19 July 2014 13:55

Orang tua wajib waspada dengan anak yang mengalami sakit kepala, lesu, lelah, dan pucat pada telapak tangan. Karena gejala seperti itu bisa jadi merupakan awal dari anemia. Ya, anemia juga bisa menyerang pada anak. Anemia merupakan suatu keadaan kadar hemoglobin (Hb) di dalam darah rendah dari keadaan normal

Dikatakan terkena anemia bila seorang berusia 6 bulan sd 6 tahun hanya memiliki kadar HB (g/dl) 11 ; anak 6 sd 12 tahun dengan kadar HB 12 ; anak wanita lebih 12 tahun dengan kadar HB 12 dan anak pria yang melebihi 12 tahun hanya berkadar HB 13.

"Anak yang terkena anemia disebabkan perdarahan konflik yang berlangsung lama atau juga rendahnya penyerapan zat gizi" tegas Elsye, salah seorang co ass yang kemarin menjadi narasumber PKRS di studio Humas RSI Sultan Agung.

 
Lowongan Bagian Keperawatan PDF Print
Tuesday, 15 April 2014 08:46
 
Pola konsumsi makanan yang baik bagi lansia PDF Print
Saturday, 12 April 2014 11:04

Image and video hosting by TinyPic

Dikala seseorang sudah memasuki usia senja, mengalami beberapa perubahan. Mulai dari perubahan struktur atau fisik misalnya menjadi bungkuk, rambut beruban dan kulit keriput. Saat sepuh orang gampang pikun, kesepian, depresi, sensitif, labil dan cerewet. Dari sisi fisiologi, kadar lemak yang meiniggi, penurunan aktifitas hormon, perubahan jaringan ikat (tidak lentur) dan penurunan aktivitas enzim pencernaan. Yang paling kentara,adalah penurunan sistem kardiovaskular seperti detak jantung melemah.

Karena itulah di saat lansia, untuk konsumsi makanan tidak sebebas seperti di saat muda. Karena setiap lima tahun sekali, setelah usia 50 tahun akan berkurang 5 persen untuk setiap 10 tahun. Nah, sebenarnya di saat usia 50 sd 64 tahun, 75 persen sudah dianggap cukup memenuhi kebutuhan energi.

Contoh makanan yang harus dikurangi adalah jenis protein. Protein tidak boleh berlebihan karena dapat memperberat kerja ginjal namun juga tidak perlu dikurangi secara frontal karena bagaimanapun protein berfungsi sebagai zat pembangun dan pengganti sel yang rusak.

 
« StartPrev12345NextEnd »

Page 2 of 5