Home
RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Pola konsumsi makanan yang baik bagi lansia PDF Print
Saturday, 12 April 2014 11:04

Image and video hosting by TinyPic

Dikala seseorang sudah memasuki usia senja, mengalami beberapa perubahan. Mulai dari perubahan struktur atau fisik misalnya menjadi bungkuk, rambut beruban dan kulit keriput. Saat sepuh orang gampang pikun, kesepian, depresi, sensitif, labil dan cerewet. Dari sisi fisiologi, kadar lemak yang meiniggi, penurunan aktifitas hormon, perubahan jaringan ikat (tidak lentur) dan penurunan aktivitas enzim pencernaan. Yang paling kentara,adalah penurunan sistem kardiovaskular seperti detak jantung melemah.

Karena itulah di saat lansia, untuk konsumsi makanan tidak sebebas seperti di saat muda. Karena setiap lima tahun sekali, setelah usia 50 tahun akan berkurang 5 persen untuk setiap 10 tahun. Nah, sebenarnya di saat usia 50 sd 64 tahun, 75 persen sudah dianggap cukup memenuhi kebutuhan energi.

Contoh makanan yang harus dikurangi adalah jenis protein. Protein tidak boleh berlebihan karena dapat memperberat kerja ginjal namun juga tidak perlu dikurangi secara frontal karena bagaimanapun protein berfungsi sebagai zat pembangun dan pengganti sel yang rusak.

 
Orientasi penerimaan pasien bagi perawat baru PDF Print
Thursday, 10 April 2014 12:30

Image and video hosting by TinyPic

Sebagai penerapan Customer Service Excellences, RSI Sultan Agung terus berbenah memperbaiki kualitas pelayanan para petugas garda terdepan. Salah satunya adalah perawat. Para perawat baru dilatih bagaimana menerima dan mengantarkan pasien yang menjalani rawat inap.

"Dalam orientasi ini, kita memberikan pedoman tentang penerimaan pasien setelah menerima pasien dari Rawat Jalan dan akan masuk ke ruangan" tutur Kurnia Yuli Astanti, S.Kep, NS dari bagian penelitian dan pengembangan RSI Sultan Agung.

Kurnia lantas menerangkan bagaimana langkah demi langkah yang harus dilakukan oleh para perawat saat menerima pasien. Apabila seorang pasien dianjurkan untuk menjalani rawat inap oleh dokter, maka tugas perawat selanjutnya adalah mengantar pasien ke kamar. Setelah di ruangan perawat bangsal dan rawat jalan bersama-sama memindahkan pasien ke tempat tidur.

 
Mengajak si Kecil makan PDF Print
Tuesday, 08 April 2014 14:33

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi balita 0 sd 2 tahun. Baru pada usia 2 tahun boleh diberikan makanan padat. Namun demikian, tidak serta sang anak langsung "dijejali" dengan beberapa beraneka makanan. Ada beberapa petunjuk yang dapat diikuti untuk menanamkan kebiasaan makan yang baik pada balita. Tidak perlu khawatir jika pada saat penerapannya tidak berhasil karena memang hasilnya bisa jadi berbeda pada setiap anak.

Yang harus dilakukan adalah biasakanlah memberikan sarapan pada balita agar kecukupan kalorinya merata dalam satu hari. Agar tetap sehat, dalam sarapan, selalu hidangkan buah dan syuran dalam menu sehari-hari. Bisa dalam makanan kecil. Jangan lupa tetap sediakan air putih sebagai teman snack. Sehingga saat sarapan pagi dapat diberikan seperempat dari kebutuhan kalori sehari dengan kandungan gizi lengkap.

Sementara itu,makanan yang perlu dikurangi adalah jenis coklat, camilan manis, chips  (sejenis kentang) atau gorengan sebagai camilan.

 
Ayo, berhenti merokok ! PDF Print
Tuesday, 08 April 2014 13:42

Kesehatan sangat mahal harganya oleh karena itu setiap orang perlu menjaga kesehatannya serta menghindarkan diri dari hal-hal yang bisa merusak kesehatan seperti kebiasaan merokok. Maka dari itu, hentikanlah merokok mulai saat ini. Cuma, yang menjadi masalah bagaimana menghentikan merokok ? 

Berhenti merokok memang gampang-gampang susah. Saat perokok merencanakan untuk berhenti merokok, ada yang gagal dan ada yang berhasil. Yang diperlukan adalah tidak putus asa, karena keberhasilan ini harus dibarengi dengan tekad yang kuat dan kesadaran yang tinggi akan bahaya rokok terutama dalam masalah kesehatan. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan :

Pertama, berolahraga ringan secara teratur. Melakukan olahraga ringan secara rutin seperti melakukan jogging akan membantu proses berhenti merokok. Olahraga akan meningkatkan mood dan kesadaran serta meningkatkan energi dan menghilangkan stress akibat kecanduan rokok. Saat akan berhenti merokok, mulailah dari sedikit demi sedikit.

 
Suara Merdeka, partner humas RSI Sultan Agung PDF Print
Wednesday, 02 April 2014 10:03

Image and video hosting by TinyPic

Bagi sebuah institusi, organisasi ataupun perusahaan, media massa memegang peranan penting dalam pembentukan citra di masyarakat. Media massa-baik itu elektronik, cetak dan online- sebagai saluran yang membantu terciptanya saling pengertian antara manajemen perusahaan dengan masyarakat. Setidaknya itulah harapan Manajer Humas dan Pemasaran RSI Sultan Agung, Sri Wahyuni, SE, MM kepada Suara Merdeka. Sebagai salah satu koran terbesar di Jawa Tengah, Suara Merdeka menjadi media yang tepat untuk partner pemberitaan  RSI Sultan Agung.

"Suara Merdeka adalah salah satu koran yang memiliki pembaca setia terbanyak di Jawa Tengah. Maka dari itu perlu bagi kami untuk menjaga hubungan baik dengan Suara Merdeka. Salah satunya dengan silaturahmi ke jajaran redaksi Suara Merdeka" ujar Sri Wahyuni di Jalan Kaligawe KM 5 Semarang.

Dalam kunjungan itu, Sri Wahyuni didampingi beberapa kepala bagian, staf humas dan pemasaran RSI Sultan Agung.

 
« StartPrev12345NextEnd »

Page 2 of 5