Home
RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Modifikasi gaya hidup, cegah PJK PDF Print
Monday, 01 September 2014 11:54

Image and video hosting by TinyPic

Asupan garam berlebih, merokok, kurang aktivitas fisik, obesitas sejatinya merupakan faktor resiko Penyakit Jantung Koroner (PJK). Tapi, menurut dr Pipin Ardhianto, Sp.JP, FIHA dari RSI Sultan Agung, faktor resiko tersebut bisa dimodifikasi agar seseorang terhindar dari PJK. Mau tidak mau, untuk modifikasi gaya hidup dilakukan dengan cara stop merokok, kontrol tekanan darah, check up kolesterol dan olahraga teratur. Sedangkan faktor resiko PJK yang tidak dapat dimodifikasi adalah usia, gender dan riwayat keluarga.

"PJK merupakan gangguan fungsi jantung akibat otot jantung kekurangan darah karena penyempitan pembuluh darah koroner. PJK biasanya ditandai dengan rasa tidak enak, tumpul, seperti ditekan, menjalar ke lengan kiri dan disertai dengan kesulitan bernapas" katanya dalam seminar "kenali gejala dan resiko serangan jantung" bagi masyarakat umum di gedung ITH lantai 2,Sabtu (30/8).

Seminar yang masih dalam rangkaian Milad RSI Sultan Agung ke 43 juga menghadirkan narasumber menghadirkan dua narasumber dr PIpin Ardhianto, Sp.JP, FIHA dan dr . M.A Sungkar, Sp.PD, KKV, Sp.JP.

 
VVIP RSI Sultan Agung dilengkapi ruang keluarga PDF Print
Tuesday, 26 August 2014 12:38


Image and video hosting by TinyPic

Semakin tinggi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan ruang perawatan di sebuah Rumah Sakit (RS) diperhatikan serius oleh RSI Sultan Agung dengan membuka layanan VVIP dan VIP. Secara resmi layanan dibuka dalam acara soft launching Multi Centre of Excellences Building (MCEB), Senin (25/8).

Soft launching diawali dengan khataman Al Quran oleh karyawan RSI Sultan Agung dilanjutkan doa khatmul Quran oleh KH Ulin Nuha dari Kudus dan tausiyah oleh KH Ulil Albab (keduanya ulama kharismatik dari Kudus)

Dalam acara soft launching di Multi Centre of Excellences Building (MCEB), dihadiri segenap pengurus Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA), Rektor dan jajaran dosen Unissula serta beberapa instansi mitra RSI Sultan Agung.

Meski beberapa layanan masih dalam tahap penyelesaian, ketua YBWSA, H. Hasan Thoha, MBA berjanji dalam waktu dekat akan segera menyelesaikannya.

 
Begini cara penyajian ASI untuk bayi PDF Print
Saturday, 23 August 2014 11:52

Image and video hosting by TinyPic

Banyak ibu ketika mencairkan ASI beku dengan bantuan microwave. Sayangnya, cara atau “jalan pintas” ini keliru karena panas yang dihasilkan oleh microwave itu akan memodifikasi bahkan menghancurkan protein di dalam ASI tadi. Lantas bagaimana caranya untuk mencairkan ASI yang beku ?

Cairkan ASI dengan metode slow defrost. Rendam susu dalam mangkuk berisi air suam kuku hangat. Goyangkan agar lemak tercampur lagi. Dengan catatan, ASI harus digunakan dalam 24 jam” kata dr Hj Pujiati Abbas, Sp.A saat peringatan pekan ASI sedunia beberapa waktu lalu.

Saat penyimpanan di freezer juga sebaiknya tidak terlalu lama. Karena akan merubah rasa dan komposisinya karena komponen lemaknya terpisah.

 
Mengenali Stadium Kanker PDF Print
Wednesday, 20 August 2014 11:32

 

Kanker merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak di Indonesia. Kanker adalah pertumbuhan abnormal sel-sel yang bersifat ganas, invasif, merusak jaringan sekitar, menyebar dan tumbuh dengan cepat. Ada tahap-tahap terjadinya kanker dan diklasifikasikan ke beberapa stadium.  

Parah atau tidaknya kanker yang diderita dapat dilihat dari stadiumnya. Stadium kanker I dan II disebut stadium dini, sedangkan stadium III dan IV disebut stadium lanjut . ujar Siti Arofah saat siaran di PKRS diruang Humas RSI Sultan Agung beberapa waktu lalu.

Biasanya, lanjut Siti Arofah, kanker dikelompokkan menurut sistem TNM (Tumor , Node  dan Metastase) . Tumor merupakan benjolan atau pembengkakan yang belum menyebar ke jaringan sekitar. Sedangkan Node adalah penyebaran kanker ke kelenjar getah bening.Terakhir mestastase kanker yang mulai menyebar ke berbagai organ tubuh lain.

 
Lowongan Pegawai Tidak Tetap RSI Sultan Agung PDF Print
Wednesday, 06 August 2014 14:22




 
« StartPrev1234NextEnd »

Page 1 of 4