Home
RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Peserta lolos Seleksi Penerimaan PTT RSI Sultan Agung (2) PDF Print
Thursday, 21 August 2014 14:53


Image and video hosting by TinyPic

 
Peserta lolos Seleksi Penerimaan PTT RSI Sultan Agung (1) PDF Print
Thursday, 21 August 2014 14:51


Image and video hosting by TinyPic

 
Mengenali Stadium Kanker PDF Print
Wednesday, 20 August 2014 11:32

 

Kanker merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak di Indonesia. Kanker adalah pertumbuhan abnormal sel-sel yang bersifat ganas, invasif, merusak jaringan sekitar, menyebar dan tumbuh dengan cepat. Ada tahap-tahap terjadinya kanker dan diklasifikasikan ke beberapa stadium.  

Parah atau tidaknya kanker yang diderita dapat dilihat dari stadiumnya. Stadium kanker I dan II disebut stadium dini, sedangkan stadium III dan IV disebut stadium lanjut . ujar Siti Arofah saat siaran di PKRS diruang Humas RSI Sultan Agung beberapa waktu lalu.

Biasanya, lanjut Siti Arofah, kanker dikelompokkan menurut sistem TNM (Tumor , Node  dan Metastase) . Tumor merupakan benjolan atau pembengkakan yang belum menyebar ke jaringan sekitar. Sedangkan Node adalah penyebaran kanker ke kelenjar getah bening.Terakhir mestastase kanker yang mulai menyebar ke berbagai organ tubuh lain.

 
Bayi bermasalah perlu RN PDF Print
Thursday, 14 August 2014 13:37

Image and video hosting by TinyPic

Puluhan bidan se-kecamatan Genuk, Semarang mendapatkan pelatihan tentang Pertolongan Pernafasan Pada Bayi atau Resusitasi Neonatus (RN), di Puskesmas Bangetayu , Rabu (13/8). Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengasah ketrampilan para bidan dalam menangani prosedur neonatus yang gagal bernapas spontan dan adekuat

“Tidak semua bayi baru lahir mampu bernafas dengan baik. Dari sepuluh persen bayi, hanya satu persen yang membutuhkan resusitasi yang ekstensif” jelas ketua Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi (RSSIB),  dr. Hj. Pujiati Abbas, SpA. 

Dr Pujiati menjelaskan RN harus dipersiapkan dengan perencanaan dan persiapan yang matang. Oleh karena itu, petugas atau perawat harus memiliki kemampuan yang mumpuni dan didukung  peralatan resusitasi yang memadai.
 
Jelang Idul Kurban, waspadai Anthraks (2) PDF Print
Tuesday, 12 August 2014 11:54

Salah satu infeksi Anthraks adalah konsumsi daging hewan terkena bakteri Bacillius Anthracis. Infeksi juga bisa terkena bila spora terhirup atau tersentuh pada hewan terinfeksi antraks.

Penularan terjadi dengan kontak langsung dengan hewan penderita, misalnya kontak dengan darah yang keluar dari lubang-lubang kumlah hewan mati karena antraks atau bahan-bahan yang berasal dari hewan yang tercemar oleh spora antraks seperti daging, jeroan, kulit, dan sebagainya. Selain itu sumber penularan juga dapat terjadi melalui lingkungan, antara lain tanah, tanaman dan air yang tercemar oleh spora antraks.

Pengendalian gejala penyakit antraks pada ternak sangat penting untuk pencegahan penyebarannya ke manusia. Pengobatan yang dilakukan pada kebanyakan penderita antraks biasanya menggunakan antibiotik.

 
« StartPrev12345NextEnd »

Page 1 of 5