Home
RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Obat bagi diabetisi PDF Print
Monday, 22 September 2014 12:34

Image and video hosting by TinyPic

Salah satu ciri penyakit DM atau Diabetes Melitus adalah kadar glukosa darah yang melebihi normal. Oleh karena itu, para pakar kesehatan mengatakan, DM sebagai penyakit menahun. Karena itulah DM sangat sulit disembuhkan. Meski demikian ada beberapa terapi obat yang bisa digunakan oleh seorang Diabetisi (sebutan bagi penyandang Diabetes Melitus). Terapi yang biasanya dilakukan adalah terapi insulin dan terapi obat hipoglikemik oral.

“Keduanya memiliki fungsi dan berbeda. Terapi insulin bermanfaat untuk membantu transport glukosa dari darah ke dalam sel. Sedangkan terapi obat hipoglikemik oral berfungsi merangsang sekresi insulin di kelenjar pankreas” terang Dama, mahasiswa Praktek Kerja Profesi Apoteker STIFAR di kelurahan Trimulyo , beberapa waktu lalu.

Untuk terapi hipoglikemik oral ini terbagi lagi beberapa golongan. Salah satunya golongan inhibitor glukosidase untuk menghambat enzim-enzim pencernaan yang mencerna karbohidrat sehingga memperlambat absorbsi glukosa dalam darah.

 
Lowongan Pegawai Tidak Tetap RSI Sultan Agung PDF Print
Wednesday, 17 September 2014 11:28


 
Hematuria, Pertanda Gangguan Ginjal PDF Print
Wednesday, 17 September 2014 11:10
Image and video hosting by TinyPic

Banyak sekali manifestasi yang menandai adanya masalah pada ginjal. Salah satunya adalah hematuria atau kencing berdarah.

Kencing berdarah memiliki gambaran yang bervariasi, terkadang urin berwarna merah muda, merah kecoklatan atau seperti teh pekat.

“Hematuria disebabkan karena  Infeksi Saluran Kemih (ISK), infeksi ginjal, batu ginjal atau batu saluran kemih, pembesaran kelenjar prostat, penyakit ginjal, kelainan bawaan, cedera atau trauma ginjal dan saluran kemih” jelas Sumarsih, perawat poli Urologi RSI Sultan Agung saat siaran Dialog Pagi.

 
Imunisasi Pada Anak-anak PDF Print
Wednesday, 17 September 2014 08:37

Image and video hosting by TinyPic





















Imunisasi merupakan cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang terhadap suatu penyakit pada seorang anak. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum imunisasi.

Pertama, alergi terhadap bahan yang terdapat dalam bahan vaksin. Kedua, sedang mendapat pengobatan steroid, radio terapi atau kemoterapi. Ketiga, menderita sakit yang menurunkank imunitas misalnya kanker, HIV AIDS atau leukimia.

 
Posyandu di Sembungharjo PDF Print
Thursday, 11 September 2014 12:23

Image and video hosting by TinyPic

Banyaknya ibu yang memberikan asupan makanan lembut seperti bubur, pisang kepada bayi dibawah enam bulan ternyata memberikan dampak buruk bagi sang buah hati. Demikian pendapat dari  Laras dari mahasiswa IPB yang praktek kerja di Instalasi Gizi RSI Sultan Agung  saat posyandu binaan di kelurahan Sembungharjo (10/9).

Panduan yang benar menurut Laras, sebaiknya setelah usia enam bulan, baru boleh diberikan Makanan Pendamping ASI (MP ASI).

Selain Laras, Tita yang juga sama berasal dari IPB memberikan penyuluhan tentang hipertensi.  

 
« StartPrev1234NextEnd »

Page 1 of 4