Home
RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Penyempitan pembuluh darah (atherosklerosis) -2 PDF Print
Thursday, 24 April 2014 09:02

Bila kelainan jantung tidak ditangani dengan baik, lambat laun seseorang akan mengalami apa yang dinamakan gagal jantung kongestif. “Pada kondisi ini jantung masih bisa berdenyut, namun sudah tidak mampu lagi memompa darah dalam jumlah yang cukup untuk mencukupi kebutuhan seluruh jaringan tubuh. Bukan itu saja, darah dari sirkulasi yang kembali masuk ke dalam jantung tidak mampu dipompa keluar jantung seluruhnya. Akibatnya terjadi bendungan cairan darah dengan berbagai komplikasinya”kata ujar dr Bagus Herlambang, Phd, Sp.BTKV, dari RSI Sultan Agung Semarang.


Dengan demikian, masalah atherosklorosis yang kerapkali menimpa seorang lansia sudah seharusnya menjadi alarm yang sewaktu-waktu bisa menimbulkan gangguan serisu. Namun, atheloskrosis bisa dicegah dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah, kadar lemak, kolesterol, dan gula darah.

Diharapkan, dengan mengetahui secara dini apakah anda mempunyai salah satu atau beberapa faktor risiko penyakit jantung, atau bahkan menderita penyakit jantung itu sendiri, maka Anda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat sebelum kelainannya menjadi terlalu berat untuk ditangani. Dr Bagus menyarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti : pertama, menjauhi rokok. Kedua, Olah raga secara teratur. Berolah raga teratur selama 30 menit sehari mengurangi risiko terkena serangan jantung.

 
Penyempitan pembuluh darah (atherosklerosis) PDF Print
Thursday, 24 April 2014 08:53

Bertambahnya usia adalah sesuatu hal yang tidak bisa kita pungkiri karena pasti terjadi pada setiap manusia. Salah satu permasalahan kesehatan yang belakangan ini mengemuka dan kerap terjadi saat usia menua adalah terjadinya penyempitan pembuluh darah atau dikenal dengan atherosklerosis.

Namun, sebelum kita tahu informasi lebih lanjut tentang atherosklerosis, kita harus mengenal organ jantung.

“Jantung adalah salah satu organ dalam tubuh yang berfungsi sebagai pompa untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bila otot jantung berkontraksi, maka darah yang masuk ke dalam ruang-ruang jantung akan terdorong keluar dari jantung, mengalir melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh. Agar dapat memompa darah dengan baik, di dalam jantung terdapat katup-katup yang mencegah aliran darah kembali ke dalam jantung” ujar dr Bagus Herlambang, Phd, Sp.BTKV, dari RSI Sultan Agung Semarang.

 
Awas Ca. Serviks mengintai kaum wanita PDF Print
Tuesday, 22 April 2014 14:41

Image and video hosting by TinyPic

Kanker leher rahim adalah pertumbuhan jaringan obnormal pada cervik dimana jaringan ini meluas dan biasanya ganas. Kanker leher rahim atau yang dikenal dengan Ca. Serviks berisiko pada wanita yang menerapkan pola hidup tidak sehat. Misalnya merokok, gonta-ganti pasangan sex dan mengabaikan kebersihan organ kewanitaan.

Sebenarnya, sebelum tahapan ca. serviks memasuki stadium lanjut, bisa dikenali dengan beberapa gejala. Antara lain perdarahan, keputihan yang berbau busuk ; nyeri diatas pubis dan sekitar panggul ; anemia dan kehilangan berat badan.

"Selain itu, ca. serviks juga bisa dicegah dengan melakukan serangkaian tes seperti : Test PAP Smear ,kolposkopi, servikografi dan pemeriksaan visual langsung" ujar Choirul Ummah sat penyuluhan dalam rangka Kartini's Day di ruang tunggu poliklink RSI Sulta Agung.

Saat ini, tindakan penyembuhan ca. serviks dilakukan dengan beberapa tindakan bedah, radioterapi dan kemoterapi. Dari ketiga penatalaksanaan ca. serviks ini yang paling populer diakukan adalah radioterapi  atau Penyinaran.  Hanya saja, radioterapi ini membawa implikasi bagi pnderita.

 
Belajar banyak di RSI Sultan Agung PDF Print
Wednesday, 16 April 2014 10:08

Image and video hosting by TinyPic

Setelah kunjungan SMK Kesehatan Surabaya, pada awal April lalu, kini giliran siswa/i SMK Kesehatan Sadewa Yogyakarta yang bertandang di RSI Sultan Agung pada Senin (14/4). Rombongan siswa/i beserta guru diterima langsung oleh Direktur Utama RSI Sultan Agung, dr. H. Masyhudi, AM, M.Kes.

Sebagai salah satu SMK Kesehatan yang baru berdiri di Yogyakarta, kunjungan ke RSI Sultan Agung dimanfaatkan langsung untuk melihat langsung dan belajar tentang manajemen pengelolaan kesehatan di beberapa fasilitas kesehatan. Beberapa fasilitas yang dikunjungi antara lain bangsal rawat inap, apotek, Semarang Eye Centre (SEC), poliklinik dan fasilitas kesehatan lain.

Saat di apotek, mereka belajar tentang manajemen pengolahan, persediaan obat racikan. Disamping itu, mereka juga ingin belajar banyak tentang tingkat kepuasan konsumen. "Untuk kepuasan pasien, kita dibantu dari bagian Humas untuk menyebar angket atau wawancara langsung. Dalam survei itu menyangkut dimensi waktu lama pelayanan yang sudah ditetapkan" ujar kepala instalasi Farmasi, Ida Ayu Ariessanti, S.Farm. APT.

 
Berharap beasiswa dilanjutkan PDF Print
Tuesday, 15 April 2014 12:43

Image and video hosting by TinyPic

Pemberian beasiswa kepada anak-anak di kelurahan Karangroto, kecamatan Genuk, Ahad (13/4) mendapat apresiasi dari pimpinan Dharma Wanita , Ibu Sutrisno. Harapannya, bea siswa ini bisa meringankan biaya sekolah agar dapat terjangkau.

Kepada RSI Sultan Agung, Bu Tris--sapaan akrabnya-- pemberian beasiswa ini tidak berhenti sampai disini saja melainkan dapat berkelanjutan di kemudian harinya dan dapat meningkat dari segi nominal dan jumlah anak yang mendapatkan beasiswa.

Kepada anak-anak penerima beasiswa, Bu Tris mengharapkan untuk terus meningkatkan belajar sehingga prestasi belajar dapat terus naik. "Semoga beasiswa ini memicu anak untuk giat belajar sehingga meningkatkan prestasi disekolah" pungkasnya.

Bu Tris menyinggung juga menyinggung tentang pembangunan gedung baru 9 lantai RSI Sultan Agung. Ia berharap dengan adanya gedung baru ini, RSI Sultan Agung dapat berkembang lebih baik dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan.

 
« StartPrev12345NextEnd »

Page 1 of 5