Home
RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Unit Hemodialisa RSI Sultan Agung PDF Print
Thursday, 18 December 2014 11:18

Manusia memiliki sistem yang sangat kompleks. Salah satu organ terpenting dalam tubuh adalah ginjal. Ginjal berperan dalam pengeluaran  zat sisa tubuh melalui urin. Akan tetapi, bila ginjal mengalami kerusakan, maka sistem pengeluaran akan terganggu otomatis akan menimbulkan gangguan pada tubuh.
Apabila dalam tahapan lanjut, ginjal sudah alami kerusakan, masih banyak cara untuk mepertahankan FUNGSI ginjal. Yakni dengan hemodialisa. Secara umum, hemodialisa adalah proses pemisahan sisa-sisa metabolisme dalam tubuh yang tertimbun dalam darah melalui membrane semi permiabel.
Dengan hemodialisa, memungkinkan dapat dapat mengeluarkan sisa metabolisme tubuh atau zat toksin dari dalam tubuh. Mengatur keseimbangan cairan, elktrolit dan asam basa. Hemodialisa juga berperan dalam pengeluaran cairan berlebih dari dalam tubuh.
Jadwal Pelayanan Hemodialisa :
Senin sd Sabtu 07.00 sd 18.00 WIB.
Unit Hemodialisa RSI Sultan Agung menerima : pasien umum dan BPJS.



 
Workshop CODING for CODERS PDF Print
Wednesday, 17 December 2014 07:39


Image and video hosting by TinyPic

 
Alat Penunjang diagnostik Terapi Jantung dan Pembuluh Darah PDF Print
Wednesday, 01 October 2014 12:15



KATETERISASI JANTUNG

Kateterisasi jantung adalah prosedur medis untuk membantu menegakkan diagnosis dan/atau memberikan terapi pada beberapa kondisi penyakit jantung. Prosedur ini dilakukan di laboratorium katetrisasi oleh Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dengan memasukkan sebuah slang berdiameter kecil (disebut sebagai kateter) melalui pembuluh darah arteri atau vena di paha atau di lengan. Kateter tersebut kemudian diarahkan sampai jantung atau pembuluh darah yang dikehendaki untuk memperoleh gambar dengan menggunakan sinar X (fluoroscopy) atau mengukur tekanan ruang ruang jantung dan pembuluh darah. Hal ini dilakukan dengan menyuntikkan cairan khusus (disebut kontras) melalui kateter ke dalam pembuluh darah atau ruang jantung.

Apa indikasi kateterisasi jantung?

Diagnostik atau tindakan yang bisa dilakukan dengan kateterisasi Jantung
Siapa saja yang tidak dianjurkan dilakukan tindakan kateterisasi jantung

Treadmill

Tes treadmill, disebut juga uji latih beban jantung, adalah sebuah alat penunjang diagnostik non-invasif untuk menilai adanya kekurangan pasokan darah jantung (iskemik) secara tidak langsung. Pada uji treadmill ini, anda harus berjalan/berlari diatas sebuah alat Treadmill selama 5-10 menit. Anda akan diawasi oleh seorang dokter/perawat yang akan memantau irama jantung anda memalui alat Elektrocardiogram (EKG) yang dilekatkan pada tubuh anda. Kecepatan Treadmill akan bertambah setiap 3 menit selama test. Treadmill ini serupa dengan alat perlengkapan senam yang ada ditempat latihan kebugaran.


Apa saja yang harus diketahui saat melakukan treadmill ?

ECOCARDIOGRAFI

Ecokardiografi adalah alat diagnostik yang mengambil gambar jantung dengan menggunakan gelombang suara. Dari pemeriksaan ekhokardiografi, seorang ahli jantung dapat menilai struktur, fungsi dan aliran darah jantung. Ekhokardiografi dilakukan dengan  menempelkan transduser yang dapat memncaran gelombang suara ke dinding dada. Gelombang suara lewat dengan aman dari dinding dada sampai jantung dan gema yang dihasilkan akan  ditafsirkan oleh gambar di monitor yang terkomputerisasi.

Prosedur pemeriksaan ecokardiografi ini tidak memerlukan rawat inap di rumah sakit dan tidak mengakibatkan luka. Test ini akan membantu dokter jantung dalam menemukan permasalahan jantung jika anda sebelumnya dicurigai mempunyai permasalahan struktural ataupun fungsional, seperti gagal jantung, penyakit jantung bawaan, penyakit jantung rematik, penyakit jantung hipertensi, paska serangan jantung dan sebagainya.

Prosedur Ecocardiografi